Hal yang memang harus menjadi rahasia.


Dalam sebuah hubungan cinta, kita semua akan sangat mendambakan sebuah hubungan yang penuh dengan keterbukaan pada pasangan. Akan menjadi sebuah hal yang beresiko ketika kita menyimpan sebuah rahasia dalam sebuah hubungan, tapi, apakah semua hal juga harus terbuka? Itulah pertanyaan yang kadang membuatku berpikir “Apakah menyimpan rahasia pada pasangan itu memang hal yang buruk?”

Akan ada banyak jawaban mengenai ini, bila anda salah seorang tipe yang terbuka dan ingin sebuah keterbukaan, maka sebuah rahasia dalam suatu hubungan mungkin sama halnya dengan sebuah mesin pembunuh yang amat mematikan untuk hubungan itu sendiri. Bila anda adalah tipe yang sangat normatif, maka sebuah rahasia kadang diperlukan karena tiap orang memiliki privasi atau hak bahkan wilayah yang memang hanya dia sendiri yang berhak tahu. Jika anda berpendapat semua itu tergantung pada hal apa yang harus menjadi rahasia maka anda secar tidak langsung menjadi orang yang berpikiran bahwa rahasia kadang memang diperlukan dalam sebuah hubungan, bukankah begitu?

Baiklah, akan aku urai sedikit hal yang kini berkerumun di otakku. Aku termasuk orang yang mempercayai bahwa kehidupan manusia itu ada empat aspek.

– Sesuatu yang memang hanya aku yang tahu

– Sesuatu yang aku tahu dan orang lain tahu

– Sesuatu yang orang lain tahu tapi aku tak tahu

– Sesuatu yang bahkan aku dan orang lain sama-sama tak tahu.

Nah, dari situ mungkin sudah jelas bagaimana aku bersikap pada sebuah rahasia dalam kehidupan cinta. Sebuah rahasia tentu saja akan ada, jangan langsung menunjuk pada sikap perselingkuhan atau pun hal yang berkaitan dengan itu. Sebuah rahasia kadang sama-sekali tidak ada hubungannya dengan usaha perselingkuhan atau semacamnya. Lalu, rahasia seperti apa yang boleh kita buat dalam sebuah hubungan?

Cobalah melihat dari sudut pandang yang berbeda. Sebuah rahasia untuk mempertahankan sebuah hubungan adalah rahasia yang memang harus kita buat. Maksudnya? Bukankah rahasia itu juga yang mungkin akan meruntuhkan sebuah hubungan? Tentu saja, justru itulah satu alasan yang akan kita pergunakan untuk mempertahankan sebuah hubungan yang sudah dijalin. Hal sederhananya, sebuah aib dalam diri pasangan, setidaknya itu adalah rahasia yang harus kita jaga. Aib atau sikap yang tidak baik dari pasangan mungkin adalah hal yang bisa kita jaga kerahasiaannya agar tidak menjadi penghalang atau penyebab runtuhnya sebuah hubungan. Atau perisiwa dari masa lalu yang mungkin tidak terkait tapi bisa berakibat fatal, seperti, kita pernah mencintai mantan pasangan, mungkin itu bisa menjadi rahasia yang tak perlu kita ungkit lagi. Seringkali ada pihak yang tidak menghendaki sebuah hubungan masa lalu diungkit kembali, memang meski banyak juga yang beranggapan bahwa itu adalah masa lalu, tapi, sejatinya setiap manusia punya rasa cemburu bukan?

Dari beberapa hal diatas, kitalah yang paling tahu rahasia apa yang dapat kita buat kepada pasangan atau orang lain menyangkut hubungan cinta, dan satu hal yang amat sangat harus diperhatikan adalah tipe pasangan kita. Mungkin kita pernah merasa bahwa pasangan kita menyimpan suatu rahasia tapi dalam sikap kesehariannya dan dalam hubungan cinta semuanya berjalan begitu indah, maka usahlah mendesak untuk bertanya apa rahasia yang ia simpan karena kadang seseorang itu hanya ingin tahu bahwa hanya dia sendiri yang mengetahuinya. Jadi, kenali pasangan anda. Apakah dia pasangan yang cukup tolerir? Apakah dia tipe yang mengutamakan keterbukaan? Apakah rahasia itu diperlukan?

Jika kau mengenali pasanganmu seharusnya kau sudah tahu hal apa yang bisa diperbincangkan dan apa yang menjadi rahasia. Keterbukaan pada pasangan adalah sebuah jembatan yang indah, bersikaplah bijak untuk mengenali pasangan hidup anda.

Salam hangat,

N.R

Hal yang memang harus menjadi rahasia.

One thought on “Hal yang memang harus menjadi rahasia.

  1. jiemoonchild says:

    i agree. for some people it might seems as being dishonest but if you look at the bigger picture, some things are meant to be hidden and some meant to be shared. being in a relationship, it would needs a lot of things to be considered as it is not something that is absolute. you have to ask yourself whether it is worth to be very open or have some secret to kept away.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s