Tak semua harus dimiliki.


Kehidupan tak selalu berjalan dengan lancar, dan kita semua tahu tentang itu. Namun kadang kita akan selalu menuntut agar hidup selalu seperti apa yang kita mau, segala hal harus berjalan dengan apa yang sudah kita rencanakan. Jodoh, rejeki atau apapun itu. Satu hal yang tentu saja akan aku bahas kali ini adalah tentang cinta yang tak harus dimiliki.

Sebagian dari kita tentu sudah sering mendengar bahwa tak selamanya cinta bisa kita miliki, tapi bagaimana kita meyakini bahwa kita memang tak harus memiliki cinta itu, dengan konsekuensi rasa sakit yang tentu saja akan terus menggerogoti hati. Suatu hari, aku bertemu dengan sahabatku, seorang lelaki yang penuh dengan keyakinan, seorang pencinta yang penuh dengan harapan. Hari itu ia terlihat murung, lalu kemudian dia berkata:

“Entah kenapa aku merasa sesak, seperti dimasukkan ke celah yang menghimpit tubuhku, sementara di luar sana orang-orang tersenyum merajut impian mereka. Aku merasa ada di dalam kotak yang ditutupi kain tanpa mereka sadari bahwa aku masih bisa melihat apa yang mereka lakukan.”

Kemudian aku bertanya kepadanya hingga kami berdialog cukup lama,

“Apa yang membuatmu merasa seperti itu?”

“Aku mencintai perempuan, sangat mencintainya. Tapi sepertinya tak mungkin memiliki. Dalam hidup, aku merasa seperti patung hiasan yang elok namun tak terlihat, aku diciptakan penuh keindahan tapi bukan untuk dinikmati.”

“Hey, kau bisa mencintai perempuan lain bukan?”

“Kawan, bagaimana mungkin kau berkata seperti itu? Aku telah mencintainya sepenuh hatiku, lalu bagian hati manakah yang mampu kuberikan untuk perempuan lain?”

“Musim akan berganti, maka biarkan berlalu, mungkin esok kau akan menemukan perempuan yang tepat untukmu.”

“Aku merasa akan mati dalam kesendirian sebagai lelaki tua yang tak berarti. Aku tak ingin mati seperti itu.”

Sahabatku kemudian tertunduk dan aku hanya mampu menghela nafas. Ya, kadang kita memang tak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan dalam hidup. Cinta, salah satu diantaranya. Lalu bagaimana kita harus bersikap dan memahaminya?

Kehidupan tak menuntut kita untuk memenangkan suatu hal, terkadang kita hanya harus membiarkan sesuatu terjadi begitu saja. Seperti halnya cinta, terkadang kita hanya diminta untuk merasakannya, bukan memilikinya. Ada kalanya dimana kita hanya mampu untuk merasakan cinta terhadap sesorang, sehebat apapun usaha kita, tetap saja kita tak mampu memilikinya. Tuhan menempatkan kita pada posisi itu bukan karena sekedar untuk sebuah permainan saja, Ia selalu berkehendak untuk sebuah hal besar yang kadang tak mampu kita sadari maknanya.

Tak semua hal harus dimiliki, karena kadang kita hanya diminta untuk merasakannya. Pahami itu lalu tersenyumlah, karena esok masih ada matahari, begitu juga rasa di hati. Langkahkan kakimu lalu sambut cinta barumu, ia ada ditaman-taman hati yang belum kau jumpai.

Salam hangat,

N.R


Tak semua harus dimiliki.

3 thoughts on “Tak semua harus dimiliki.

  1. jie says:

    i had to agree on this. There’s no better way to tell that things don’t always go as planned. Sometimes, you need to let go of things in order for new things to come. feelings is subjective, and so is love. i believe that if you open up your heart and accept things as it is, then you’ll be at peace with whatever problems you have..emotions are vital but it needs to be guide by our mind..and to seek something that is not meant for you…that’ll only leads to broken heart..
    sometimes, all we need to learn to let go…

Leave a Reply

