Dunia lain di hatimu yang aku tak tahu.


Ada beberapa hal yang aku tak tahu tentang hati manusia, seperti ada dunia yang berbeda disana. Mungkin memang hati tak pernah ada batasan ukuran atau pun segala hal yang membatasi pandangan manusia. Hati seperti dunia yang tanpa batas, kau bisa menempatkan dunia nyatamu, dunia mimpi dan dunia impian disana. Satu yang akan kubahas disini adalah dunia ‘entah’ yang belum mampu kupahami dari hatimu.

Banyak hal yang pernah kita lewati. Mungkin sebagian berisi cerita suka, sebagian lagi duka. Akan menjadi pertentangan di hati kita sendiri ketika kita merasa tak mengerti apa yang diingini atau apa yang ada di hati pasangan kita, apa yang sebenarnya terjadi?

Seorang sahabat bercerita kepadaku beberapa hari yang lalu, tentang pertunangan yang tiba-tiba saja dibatalkan. Ia sama sekali tak pernah menyangka hal itu terjadi, apalagiĀ  beberapa bulan kedepan mereka akan menikah. Aku, tentu saja tak berani menyampaikan apapun pendapatku karena aku pikir ini masih dalam tahap pemahaman, akan tetapi ada satu hal yang membuatku sangat tertarik denganceritanya itu. Dia berkata “Aku tak tahu dunia apa yang ada di hatinya ketika memutuskan pertunangan kami dengan tiba-tiba tanpa ada sebuah pertengkaran atau hal apapun.”, ya, sebuah kalimat yang sangat menyentak alam sadarku. Ada dunia apa di hati kita?

Aku tak akan membahas masalah pembatalan pertunangan mereka, aku hanya ingin mengurai tentang dunia lain yang ia sebutkan tadi. Aku tertarik untuk menyelami kedalaman hati tiap diri kita masing-masing. Aku pernah menulis tentang empat hal yang membuat kita mengerti arti orang lain, mungkin aku tak akan membahasnya juga namun ini kemudian menjadi sangat menarik ketika aku mencoba untuk menyatukan semua pendapatku tentang hati manusia dalam satu cawan kehidupan yang baru.

Ada hal yang memang membuat kita tak mampu mengerti orang lain betapa pun kita sangat mengenalnya, tapi setidaknya kita mampu untuk memahami makna orang lain itu. Seorang kekasih bertengkar dengan pasangannya dan ia sama sekali tak mengerti apa yang terjadi, setidaknya apa yang membuat mereka bertengkar. Seperti perubahan yang bersifat spontan, seakan-akan pasangan kita itu menjadi orang lain yang tak pernah kita kenal sebelumnya, baik dari tutur atau pun sikap yang ia tunjukkan. Masalah yang terjadi dengan sahabatku atau orang lain itu mungkin akan lebih dapat diterima bila dia atau pun pasangannya mau memahamai diri masing-masing dan mencoba mengerti makna pasangan terhadap dirinya. Ego akan selalu tampil dengan segala bentuknya, mungkin menjadi emosi atu pun nurani.

Tiap orang memiliki dunianya sendiri, baik yang nyata atau pun tersembunyi dalam hati. Akan menjadi indah bila kita mau mencoba terbuka kepada pasangan tentang apa yang kita miliki itu. Tiap pertengkaran atau pun masalah yang timbul hampir sebagian besar karena memang kita tak mampu membaginya dengan cara yang sesuai, ini tentu berkaitan dengan kepribadian kita masing-masing. Tapi, setidaknya kita pun mempunyai hak untuk membuat orang lain bahagia meski dengan hal yang tak bahagia bukan? Setidaknya kita pun tidak menggantung perasaan dan prasangka orang lain terhadap kita. Ini tentu lebih baik maknanya ketimbang kita membiarkan orang lain terus menerka apa yang sebenarnya terjadi, kalau itu menimbulkan keburukan apakah kita siap untuk hidup dengan keburukan itu?

Ada hal-hal yang memang tak dapat kita bagi dengan pasangan atau orang lain, mungkin pada kasus sahabatku itu adalah dunia yang ada dalam hati pasangannya. Tentu saja itu menimbulkan prasangka yang mengarah pada curiga dan keburukan. Jadi, cobalah untuk lebih bijak dalam menentukan apa yang tidak dapat kita bagi itu. Jika kita memendamnya sendiri bukan pada masalah atau moment yang tepat, niscaya tak hanya kita sendiri yang tak nyaman, orang lain pun akan merasa hal yang sama juga dan sekali lagi aku mencoba mengingatkan bahwa kita juga memiliki hak untuk membahagiakan orang lain dengan cara yang sesuai.

Tiap manusia memiliki hati yang berbeda, memiliki kehidupan yang berwarna. Akan lebih bijak sekiranya kita mampu memilah dan menyampaikan sesuatu itu dengan baik. Hidup tak hanya diri kita, ada orang lain yang selalu mengisi kehidupan kita dan mereka pun berhak mendapat bahagia dengan makna yang kita beri meski itu hal yang sulit.

-Semoga sahabatku itu akan mendapat jawaban prasangkanya.

 

Salam hangat,

N.R

Dunia lain di hatimu yang aku tak tahu.

One thought on “Dunia lain di hatimu yang aku tak tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s