Jika kami berbeda, dosakah? -e.m.b.r.i.o


Jika Tuhan menjadikanmu berbeda keyakinan denganku, apakah Tuhan juga akan menjadikanmu bukan milikku?

Jika agama mengajarkan kebaikan, lalu mengapa agama mengharuskan perpisahan? Sedangkan pada dirimu kulihat kebaikan?

Jika harus bersama dia yang sama keyakinan tanpa cinta dan kasih sayang, apa itu bentuk kebaikan ajaran agama?

Tuhan kami sama-sama satu, kami hanya berbeda perantara. Bukankah Tuhan penuh cinta dan kasih sayang? Kenapa kami dipisahkan karena perbedaan agama?

Tuhan menyuruh kita menikah karena agama dan takwa. Jika agamanya dan agamaku memiliki Tuhan yang sama, kenapa kami tetap tak boleh bersama?

Jika agama kami berbeda nama, namun Tuhan kami tetap sama kenapa manusia masih membedakan nama? Bukankah cinta kami kehendak Tuhan juga?

Kami dipisahkan aturan manusia atas nama aturanmu, Tuhan. Kami tak tahu harus mengadu kemana selain kepadamu. Namun, mereka masih saja tetap tak peduli pada hati.

Lalu dipaksakan kepada kami pasangan seagama yang tak kami cintai.

Jika kami menuruti kehendak mereka lalu menikah tanpa rasa di hati, apa Tuhan merestui pernikahan kami?

Apakah pernikahan yang dipaksakan atas nama kebaikan agama ini sebuah kebaikan? Apa memisahkan dua orang yang saling mencintai itu sebuah kebaikan?

Aku mengadu pada Tuhanku, pun ia pada Tuhannya, Tuhan kami yang Esa. Kami menangis tanpa mampu memberontak. Kami menyayangi Tuhan kami.

Mereka bilang salah satu dari kami harus pindah agama. Apa itu menyelesaikan masalah? Apa itu sebuah solusi? iman kami ada di hati, bukan di KTP!

Jika kami harus terusir, maka usirlah kami. Bukan mengusir kami dari Tuhan kami. Ijinkan kami menyayangi Tuhan kami dengan iman kami.

Mereka bilang kami akan masuk neraka, ditolak surga. Kami hanya ingin saling mencintai, memiliki. kami menyayangi Tuhan kami. Biarkan Tuhan kami yang menentukan.

Kami menyayangi Tuhan kami bukan karena imbalan, surga pun neraka. Cinta kami pun bukan untuk diperjualbelikan atas nama agama. Jangan paksa kami menjual iman dan Tuhan kami.

Kini kami terpisah dan kalian tetap tak peduli. Kalian tak peduli betapa hancurnya perasaan kami. Kalian tertawa atas nama agama.

Tuhan, mereka bilang ini kehendakmu. Kami tak yakin kau mempertemukan kami hanya untuk sebuah penderitaan. Kami percaya padamu.

Kami percaya kau maha menyayangi. Kami percaya kau menyayangi hambamu yang menyayangimu. Perbedaan ini hanyalah baju, bukan hati kami dimana iman kami memujamu.

Jika perpisahan ini pun kehendakmu, maka jagalah kekasihku. Jagalah hatinya dari rasa duka karena perbedaan ini. Tuhan, lindungi dia.

Tiap tetes airmatanya bukanlah kesedihan karena kami tak bisa bersama, Tuhan. Tapi karena mereka membedakanmu atas nama agama.

Tuhan, kau mengetahui apa yang terbaik bagi kami. Jika kami lancang saling mencintai, maka jangan kau berikan rasa seperti ini kepada orang lain.

Cukuplah kami yang merasakan cinta seperti ini. Cukuplah mereka membedakanmu karana nama agama yang berbeda. jangan lagi ada kepedihan seperti ini.

Kami tahu, tak ada solusi selain kami disuruh berpisah, bersabar atau menjual agama kami. Sekali lagi, tidak! Biarkan kami saling mencintai dengan cara kami.

Silahkan bilang kami bodoh, bebal atau apa pun. kami menyayangi Tuhan kami, kami pun salin menyayangi satu sama lain. Biarkan kisah kami menjadi dongeng duka.

Agar cukup kami yang meneteskan airmata kepedihan. Karena perbedaan yang dibuat manusia. Atas nama surga dan neraka pun atas nama Tuhan.

Tuhan, kami titipkan rasa ini kepadamu. Darimu semua berawal, rasa ini pun milikmu. Ijinkan kami menikmatinya kelak di kebun cintamu.
Kami tak menyesal saling mencintai dan menyayangi. Bukankah engkau yang mengajarkan kami rasa itu? Tuhan, kau tahu kami memujamu, yang Esa.

Jika takdir kami harus seperti ini, maka kami menerimanya dengan kepatuhan karenamu. Bukan karena mereka yang meributkan nama agamamu.

Kekasihku, mungkin ia kini tersudut sepi dihimpit duka. Tuhan, beri ia keteduhan. Yakinkan semua ini kehendakmu. Aku mohon, Tuhan. Beri ia hati yang lapang. Untuk memahami bahwa cinta kami adalah kehendakmu, sebagai kisah untuk mereka yang saling mencintai namun berbeda agama.

Tuhan, maaf jika aku terlalu banyak menyebut namamu untuk masalah kami yang tak sepatutnya membawa-bawa namamu yang suci itu.

Dan mereka yang selalu membedakanmu karena nama agama, beri mereka kebaikan dan kasih sayangmu.

Selamat malam Tuhan, kami menyayangimu.

-karena cinta aku ada.

Jika kami berbeda, dosakah? -e.m.b.r.i.o

50 thoughts on “Jika kami berbeda, dosakah? -e.m.b.r.i.o

  1. sampe nahan airmata setelah baca blog anda… apa yg anda tulis sama persis seperti yg saya alami saat ini…
    jika kata2 itu adalah kisah nyata yg anda alami, maka hadir sebuah tny dari saya untuk anda, apa yg anda lakukan saat itu??? berpisah? ato ttp melangkah dg pasangan anda?

  2. rina says:

    yANG ANDA RASAKAN SAMA JUGA DENGAN YANG SAYA RASAKAN, SEKARANG SAYA DILANDA KEBINGUNGAN DENGAN SIATUASAI Yang saya alami.

  3. phieyoungie says:

    kisah yang serupa dengan pengalamanku…
    aku mempunyai mantan yg berbeda keyakinan denganku,aku Hindu dan dia seorang Muslim.
    Kami saling mencintai,saling menghargai perbedaan kami, dan cinta kami tulus.
    Hingga akhirnya kami pun harus berpisah setelah menjalani hubungan selama 3 tahun. Keluarga besarku tak menyetujui hubungan kami,walaupun orang tuaku memberiku kebebasan memilih. Keluarga besarnya pun menyarankan agar memilih pasangan yang seiman, sehingga orang tuanya selalu membebaninya dengan pertanyaan, apakah aku sudah siap berpindah keyakinan.
    Saat itu aku belum siap,walaupun aku bersedia. Tapi aku juga menyayangi Tuhanku. Rasa cintaku padanya sebesar rasa cintaku pada Tuhanku. Siapakah yang harus kupilih bila aku dihadapkan pada pilihan untuk memilih salah satu???
    sampai akhirnya dia yang mengambil keputusan, kami harus berpisah. Kami harus lebih mementingkan kebahagiaan keluarga kami daripada kebahagiaan kami sendiri. Aku bertanya dalam hati, mengapa sungguh tak adil kenyataan itu?? Kami mencintai bukan hanya nafsu semata, tapi perasaan kami sudah mendalam.
    Aku membutuhkannya, dia pun membutuhkanku. Mengapa orang yang saling mencintai dan ingin bersama dikatakan haram saat belum ada ikatan resmi di mata agama di dalamnya.

  4. cha-cha says:

    Ketika perbedaan menjadi “jurang pemisah” antar aq dan dya…apa itu mrupakan kehendak-NYA…???? lalu mengapa DIA hadirkan perasaan cinta dan sayang di hati kami kalau pada akhirnya kami harus berpisah…??! Apa maksudnya TUHAN…?

  5. retno says:

    kisahnya sama seperti yg saya alami sekarang. Lalu kelanjutan kisah ini bagaimana? Lanjut / berpisah?

  6. Mimin says:

    saat ini akupun mengalami hal yang sama, aku sulit untuk memilih berpisah, karena pada dasarnya kami masih saling sayang.. hanya karena perbedaan agama kami diharuskan untuk memilih pada pilihan yang sulit.. Kami ingin bersama dalam perbedaan, tanpa ada paksaan..

  7. ayoezsweet@gmail.com says:

    Kisah yang sama pun terjadi padaku..Q beragama muslim & Pacarku Khatolik..Saat ini Yg kami inginkan hanya bisa bersama & menjalani kebahagiaan meski dalam sebuah perbedaan hingga saat Perpisahan itu akan tiba…

  8. lista says:

    sungguh sulit,jika harus memilih Tuhan apa dia org yg kita cintai. aq dah 9thn pcrn, hngga saat ini kami sangat bingung, kami sdh sma2 cocok. kami sdh mengenal satu sama lain. apakh semudah itu kami hrs berpisah, menghlngkan rasa yg ada. mengapa kau ciptakan rasa cinta yg begitu dalam, namun pada akhrnya sakit yg terdalam jg q rasakan. Tuhan, aku ingin bersamanya..

  9. Insya Allah, share tentang cinta beda agama ini akan segera diterbitkan menjadi buku, menyusul ego.centris yang sudah keluar lebih dahulu.

    Semoga nanti bermanfaat, aamiin.

  10. febdy says:

    Apa smua kisah prbedaan agama brakhir dg perpisahan….??
    Tuhan… aku cinta dia… aku sayang padanya.. begitu juga dg dia… knpa agama memisahkan kami..???
    Aku tak mampu jalani hidup tanpa dia, aku butuh dia. Apa jalan keluar unt hubungan beda agama ini Tuhan….????

  11. Nely says:

    Awal nya aku tak ingn sesrius ini dgn,a!
    Tp dngn brgulir nya wkt. Aku bgtu mncntai, sulit rasa,a untk mlupakn,a!
    Tuhan..
    Knp kau prtemu kn aku dgn,a klw akhr,a aku n dia hrs trpsah!
    Bkan prpisahn yg ku sesali. Tp prtemuan la yg ku sesali.

  12. Chigo says:

    Saya sedang mengalami kisah yg seperti ini juga. SAKIT,bukan cuma hati tapi seluruh tubuh merasakannya.

    Oia saya sudah baca bukunya #Ego.centris
    KEREN! Salut buat Kak NOvanka Raja

    B-)

  13. Sepertinya aku pernah membaca rangkaian katamu ini, Kak🙂
    Aku bahkan sudah menulisnya untuk kusimpan, Berkali-kali aku membaca tetap saja bikin gemes, ngena banget :’)
    Entah, kisahku SELALU seperti yang kau tulis ini, heuehu. Beda :’)

  14. heru says:

    mungkin tuhan mempertemukan dan memisahkan kami agar kami lebih dekat dengan tuhan kami masing-masing

  15. Adell says:

    Sama dengan kisah ku,,
    kami udah menjalani hubungan selama 5 tahun n semuanya harus berakhir karena perbedaan,😦

  16. shofihasbimubarak says:

    agama mengajarkan kebaikan, walaupun bagi saya sendiri agama terbaik adalah agama islam, perdebatan agama terjadi karena orang tidak memahami agama yang di anutnya secara utuh. banyak orang beragama tapi mereka tidak tau tuhan yang disembahnya. dalam hidup jangan memikirkan dosa maupun pahala, pada kenyataannya kita tidak tahu apakah itu dosa atau pahala, yang kita tahu jika kita melakukan kesalahan. agama apapun seseorang tidak masalah asal dia tau siapa tuhan yang disembahnya. tuhan apapun sebutannya hanyalah sebuah nama, setiap nama ada wujud yang punya nama, yang penting kita mengenalinya,

    menyatukan dua hati saja kadang-kadang sulit apalagi menyatukan dua buah keluarga, kalian sudah mengerti betul akan hukum dunia yang di buat manusia, berpikirlah secara jernih tanpa melibatkan emosi, turutilah kata-kata yang ada di dalam dirimu, setelah itu tetapkan keyakinan didirimu, keyakinan yang betul-betul yakin tak tergoyahkan oleh apapun, hinaan, celaan, fitnah atau bentuk kejaliman apapun yang akan kalian dapat biar di dengarkan saja, yang penting jangan di lawan, berbuat baiklah pada semua orang, sorga kita yang membuatnya, neraka pun kita yang membuatnya, mengapa kalian bingung menentukan tempat dimana kalian berada jika kalian sendiri yang membuatnya. jika kalian merasa gelisah dan gundah di dalam dunia itu adalah neraka di dunia, jika di dunia ini saja kalian memilih neraka maka ketika di akhir hidup kalian mendapatkan hal yang sama. pahamilah semua yang terjadi hanya orang yang menggunakan akal pikiran secara jernihlah yang akan merasakan ketenangan di dalam jiwanya.

  17. liyaa says:

    kisahnya sama bgt sama yg aq alami,,aq sudah 6 th ngejalaninya dan akhirnya pun harus berpisah..rasanya sakit bgt disaat harapan ingin saling memiliki sirna begitu saja,,setelah di perjuangkan ber tahun2…

  18. phinuw says:

    Untuk seorang wanita yg telah Q sakiti hati’a maafkan aku, Tuhan maafkanlah pula aku atas kesalahan dan dosaQ untuk hati’a yg telah Q sakiti dan perasaan seorang wanita yg telah dalam menyayangiQ maafkanlah aku, Q berharap km kuat dan tegar menghadapi perpisahan ini smua semata-mata karena untuk kebahagiananmu dan masa depan kluargamu didalam kesedihanmu Q tak akan pernah tertawa terlebih dgn wanita lain ,km ttp mnjadi wanita yg slalu Q sayangi semoga perpisahan kita dikarenakan sebuah perbedaan pertentangan antara keyakinan agama kita mnkadi tolak ukur kedewasaan iman kita masing2 untuk lebih mndekatkan hati kita kepadaNYA , selalu utamakan sholat dan kenakan jilbab km dan sebaliknya Q selalu berdoa didalam nama Tuhan Yesus untuk mnjadikan kesedihan dan dukamu mnjadi sukacita dan kebahagiaan.amin

  19. thya says:

    g bisa nahan air mata deh pas bacanya,
    ini kisah aku bgt,aku udah ngjalanin hubungn 5tahun,sampe skrg masi pcran sih,
    apa aku bakal berpisah jg sama dia😥😥😥😥

  20. Arc_Angel says:

    semua telah aku alami, semua telah aku lalui, yang kulakukan sekarang adalah menjadi berkat buat orang disekitarku, apapun keyakinannya…..
    hidup untuk menghidupkan orang-orang yang kita cintai seberapa pun getir kehidupan ini…
    karena Tuhan selalu menilik hati setiap hamba-Nya

  21. hana says:

    nangis bacanya,, sedih uda lama ngejlanin ujungnya pisah juga,, pacaran beda agama emank berat,, perpisahan ini karena saya tak bisa bersamamu,, bukan karena saya tak ingin bersamamu tapi karena saya sadar cinta dan agama dua hal yang berbeda,,

    buat dia,, orang yang selalu saya panggil abang,, jangan lupa kegereja ya,, berdoalah buat kebaikan kita,, semoga kelak tuhanmu atau tuhanku,, dan tuhan kita membei kita jodoh yng terbaik untuk kita,,

  22. yani says:

    Sama banget ama kisahku, cuma bedanya sebelum bersatu kami dipisahkan oleh maut😥
    , sakitnya masih terasa.

  23. Sedih.. beneran nusuk kehati. Terkadang kita ga bisa membendung rasa cinta. Tapi bukan kah itu sebuah rasa yg tuhan tlah berikan? Lalu apa hak nya mereka manusia awam yg mencoba memisahkan? Bukankah melebur dalam beda itu indah? #Pengalaman_pribadi. :”(

  24. Berjuang dan terus berjuang
    Demi 1 tujuan yang sama yaitu kebahagian saling memiliki dalam 1 ikatan yang sah di mata Allah dan agama🙂
    3 tahun dilalui dengan penuh perjuangan, Tapi kami tetap selalu berjuang demi masa depan yang telah kami impikan🙂

  25. kristianadewi says:

    Ini kisah aku banget,terpisah cuma karna beda agama,tapi sebenernya masih saling sayang….

  26. Ayu says:

    Nangis waktu baca puisinya. itu sama persis dengan apa yg aku rasakanya sekarang. sekarang lagi bingung banget nyari solusinya.😦

  27. rere says:

    Ternyata bukan hanya aku saja yg mengalami cinta beda agama, harus berpisah walaupun masih sangatt.sangattt sayank,,,, sakitnya tuh di sini hmmm

  28. daniel jr says:

    satu hal…hal yg duniawi itu tak akan pernah bisa indah jika qt berbincang ttg iman dan kerohanian.

  29. via says:

    kata-katanya sama seperti yang aku alami saat ini tapi aku mencoba berpikir kl memang aku harus berpisah biar lah waktu yang memisahkan, aku selalu mencoba untuk berpisah namun tuhan selalu mempertemukan lagi dengannya. hingga suatu hari aku berani mengambil keputusan kl tuhan hingga saat ini masih menyatukan kami, berarti memang tuhan ingin aku bersatu dengannya. entah aku yang mengalah atau dirinya, aku iklas kl tuhan mengharuskan aku berpindah namun tetap aku aku selalu berada di jalan tuhan.

  30. apa yg salah ktika dua anak manusia saling mncintai? membagi bahagia untuk org2 disekitarnya.. sebab Tuhan ciptakan perbedaan untk saling mnghargai bukan menghakimi.. untk saling menerima dgn hati yg trbuka bukan mnjdi batas pembeda.. ada alasan disetiap prtemuan yg tentu atas izin Nya.. percayalah Tuhan sdang menulis skenario yg indah untk hamba Nya yg tak putus doa.. cinta itu mnyatukan bukan memisahkan

  31. apa yg salah ktika dua anak manusia saling mencintai?
    bukankah itu anugerah dr sang Maha Cinta..
    lalu mengapa mereka mencela? hanya kami berbeda.. Tuhanmu mndengar pujian yg kau panjatkan diantara dupa yg trselip dijemarimu dan Tuhanku mndengar dzikir yg ku lantunkan diantara erat tasbih dijemariku.
    kami memohon kpd yg Esa agar kmi tidak sling mnghakimi pun tidak pula mnyakiti. kami prcaya ada alasan disetiap perjumpaan yg tentu atas kehendak Nya. sebab Tuhan ciptakan prbedaan agar hambanya saling mnghargai dan menerima bukan pembeda. prcayalah Tuhan sdng menulis skenario yg indah bagi hamba Nya yg tak putus doa.

  32. trye says:

    kisahnya sama banget aku jlnin hub 6th aku islam dy protestan n akhirnya qt memutuskan untuk berpisah dan sekarang saya terjebak dalam cinta yg beda keyakinan lagi sekarang dengan pria katolik..
    apa mungkiin memang jodoh saya beda keyakinan Tuhan ??

  33. Ichsan says:

    ceritanya bagus. Buat yang lagi berjuang ayo tetap semangat pasti dikasih Tuhan jalan. Ingat ya kita tidak menuhankan agama dan nanti jika sdh jadi ortu berilah kebebasan bagi anak2 kita untuk memilih pasangan hidupnya TANPA membedakan agama.

  34. Kinara Melodi says:

    Kisahnya sama dengan yang ku alami. Sudah menjalani cinta ini 6tahun, aku muslim dia kristen. Dan ibunya seorang pendeta. Kami hanya ingin terus menjalaninya bersama & berjuang untuk menemukan jalan pemersatu kami. Kami hanya dua anak manusia yang dianugerahi cinta oleh Tuhan, kenapa harus ada yang dipermasalahkan??

  35. Deden hernanda says:

    CINTA ITU AIR
    CINTA ITU UDARA
    CINTA ITU BERKORBAN
    CINTA ITU KEYAKINAN
    CINTA ITU KEMULIAAN
    CINTA ITU AGUNG MU
    CINTA ITU TUHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s